Rabu, 20 Mei 2009

Bagaimana membuat anak pintar

Dunia anak-anak adalah dunia yang penuh dengan kegembiraan, keceriaan dan masa-masa bermain. Tapi bukan hanya itu, taukah anda dibalik kegembiraan dan bermain-main itulah anak banyak belajar tentang apa saja yang dilihat dan dirasakan disekitar lingkungannya. Untuk itulah kita perlu memantau, mengawasi, dan memberikan pengarahan tentang apa yang ingin mereka ketahui, supaya mereka tidak salah dalam mengambil arti dan keputusan, karena anak diera sekarang cenderung memiliki kecerdasan yang tinggi.
Anak yang pintar adalah anak yang dibentuk sejak usia dini. Saya mencoba membagikan beberapa ide bagaimana membuat anak pintar (usia balita):
  • Coba dengarkan jika anak anda bercerita kepada anda, biarkan dia bercerita sampai selesai, dan jangan berusaha mencoba untuk memotong pembicaraannya, karena hal ini dapat menyebabkan anak tidak dihargai dan kelak akan berfikir 2x untuk bercerita kepada anda.
  • Ajak anak anda bercerita/berbicara tentang apa saja yang terjadi disekitar anda & anak. Jelaskan tentang apa yang sedang terjadi disekitar anda, tentang baik dan buruknya. Hal ini supaya anak tidak mencari tau tentang apa yang sedang terjadi kepada orang lain dan mendapatkan penjelasan yang salah. Bercerita/berbicara juga mengajarkan anak supaya terbiasa bersifat terbuka kepada orangtuanya.
  • Untuk tahapan belajar, anda dapat mengajarkan huruf dan angka kepada anak-anak. Buat anak untuk tertarik mengenal huruf dan angka. yang perlu anda ingat jangan memaksa jika anak anda tidak ingin karena semakin anda memaksa, semakin jenuh pulalah anak anda.
  • Tempelkan gambar-gambar seperti gambar huruf, angka, transportasi, hewan, bunga, dsb di arena bermain anak atau dikamar tidurnya, dan ajarkan anak untuk mengenalinya secara bertahap. Jika anda sudah yakin anak sudah menguasai gambar tsb, anda dapat mengujinya sesekali dengan bertanya padanya tentang gambar tesebut, misalnya "gambar gajah yang mana sayang?". Saat anak dapat menjawab pertanyaan anda tersebut, sianak akan merasa kalau dirinya sudah pintar.
  • Anda dapat menuliskan suatu kata (benda) dan tempelkan kata tersebut dibenda yang berkaitan.Misalnya anda menulis kata "kulkas" lalu tempelkan di kulkas. Ini dapat membantu anak mengenali bentuk kata.
  • Anda dapat membelikan buku mewarnai dan menempel yang banyak dijual ditoko-toko buku. Anak akan sangat antusias untuk membuat bentuk sesuatu, menempel dan mewarnai bentuk tersebut. Bantu anak untuk mengenal warna, bentuk dan menyesuaikannya dengan gambar. Tapi anda harus ingat saat anak membuat bentuk (biasanya digunting) anda harus mendampinginya atau membuatkannya agar anak anda tidak terluka.
  • Belilah kaset VCD atau DVD lagu-lagu anak atau film-film anak. Anda dapat bernyanyi bersamanya dan menjelaskan tentang film yang sedang dilihatnya. Menurut riset yang saya lakukan sendiri dikalangan ibu-ibu yang mempunyai anak yang sedang belajar bicara, belajar bernyanyi adalah salah satu cara anak pintar bicara. Biarkan anak mengikuti nyanyian sesuai bahasanya, jangan memaksakan lirik lagunya harus benar.
  • Perkenalkan anak dengan buku bacaan (seperti buku mendongeng). Pilihannya tentu bacaan yang sesuai dengan usia anak jika perlu dilengkapi gambar dan huruf yang besar. Ajak anak membaca dan tunjukkan kata mana yang sedang anda baca, supaya anak tau bentuk kata yang sedang anda baca dan mengingatnya.
  • Perkenalkan anak dengan bahasa asing ( umumnya bahasa inggris). Misalnya anda menyebut bagian-bagian tubuhnya dengan bahasa inggris. Biarkan pelafalan anak sesuai dengan bahasanya.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat bagi anda dan perkembangan anak anda.

0 komentar:

Posting Komentar