Selasa, 12 Mei 2009

Arti kedewasaan

Tulisan ini dibuat dengan tujuan hanya ingin berbagi kepada siapa pun yang berminat membacanya.
Bagi saya arti sebuah kedewasaan itu tidak selalu dilihat dari segi usia seseorang, tapi dari cara seseorang tersebut melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang dan bagaimana dia memahami dan memecahkan permasalahan tersebut.
Orang yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan hidupnya dengan hati yang dingin tanpa terbawa arus emosi baru dapat dikatakan dewasa (menurut versi saya).
Pemahaman ini bukan datang begitu saja dalam benak saya karena saya sendiri juga merasa kalau kehidupan saya didewasakan oleh permasalahan. Saat ini saya belum berani mengatakan kalau saya sudah dewasa, tapi setidaknya cara berfikir dan cara saya memandang masalah kehidupan setidaknya sedikit berubah. Dulu setiap ada masalah yang menghadang, saya masih suka menyalahkan seseorang, lingkungan sekitar saya bahkan menyalahkan nasib, mengapa begini... dan begitu... kenapa harus saya... dan banyak alasan lain yang bisa saya salahkan tanpa mau mencoba melihat kepada diri sendiri dan belajar mengontrol diri dan emosi sendiri.
Tapi setelah semua permasalahan yang saya anggap beban berat selama bertahun- tahun itu akhirnya berlalu, saya kemudian smpai pada suatu titik dan mulai melihat kebelakang apa dan bagaimana selama ini saya menjalani kehidupan ini, dan saya pun dapat melihat semua keterbatasan dan kekurangan yang ada pada diri saya dan saya berani untuk mengakuinya. Butuh waktu lama untuk merenungkan... dan mengakui kekurangan saya.
Sekarang saya menyadari kalau semua permasalahan itu mempunyai jalan keluar, hanya dibutuhkan kesabaran untuk melewatinya.
Masalah demi masalah yang dulu ku anggap tiada ujungnya kini kuakui dapat mendewasakan jalan fikiranku.

1 komentar:

PUTRINATALIA mengatakan...

woi jelek........

yg curhatnya u dsni?????????

msh da q kq tmpt crht gratis ha......ha....

MRS.PU3

Posting Komentar